Golden Keyword Ratio: Pengertian, Manfaat, dan Cara Risetnya

Bagi Anda yang bergelut di dunia blog atau website, sepertinya sangat penting untuk memahami tentang golden keyword ratio. Namun, jangan khawatir karena pada kali ini akan dibahas secara lengkap mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara melakukan risetnya. Jadi, silakan simak penjelasan berikut.

Apa Itu Golden Keyword Rasio?

Golden Keyword Ratio atau yang selanjutnya akan disingkat GKR merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan traffic blog atau website. Metode yang digunakan adalah mencari keyword paling potensial berupa long tail dengan sistematis.

Salah satu ciri dari keyword ini adalah mempunyai tingkat persaingan relatif rendah, evergreen, dan jarang dilirik oleh blogger lain. Inilah sebabnya cara tersebut sangat ampuh untuk mendapatkan traffic banyak dengan lebih efektif.

Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait GKR

Sulit Menemukan GKR

Untuk beberapa orang yang masih awam, mungkin mencari keyword ini akan sedikit kesulitan. Namun, hal tersebut memang wajar terjadi dan tidak begitu menjadi persoalan serius. Anda bisa menggunakan beberapa bantuan tool yang tersebar di internet.

Salah satu tool yang bisa digunakan adalah KWFinder yang sudah cukup populer. Namun, Anda dapat mencari yang lain apabila tool tersebut kurang cocok. Sebagai catatan, tool ini hanya bersifat memudahkan saja, sementara pencarian GKR harus dilakukan secara manual.

Diterapkan Hanya pada Satu Artikel

Masih banyak orang yang menganggap GKR kurang efektif, padahal mereka hanya mencoba menerapkan ke satu artikel saja. Meskipun keyword yang digunakan sangat baik, hal tersebut tidak akan memberikan dampak yang optimal.

Setidaknya Anda perlu mencoba sekitar 20 konten menggunakan GKR agar benar-benar bisa mendapatkan hasil yang jelas. Dengan begitu, kemungkinan besar artikel bisa memenangkan persaingan mesin pencarian, bahkan masuk ranking satu halaman pencarian.

Penempatan Terlalu Berlebihan

Semua blogger pasti tahu bahwa keyword harus diterapkan dalam batasan jumlah tertentu. Apabila terlalu banyak, maka artikel akan terlihat aneh dan tidak nyaman untuk dibaca. Hal tersebut dikarenakan GKR cenderung lebih panjang dibandingkan keyword pada umumnya.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering menggunakan GKR pada sebuah artikel. Cara terbaik untuk menempatkan keyword ini adalah pada bagian judul, meta deskripsi, bagian awal artikel, heading, isi artikel, dan penutup artikel.

Namun, pastikan untuk memasukkan kata kunci tersebut dengan tepat dan senatural mungkin karena pada dasarnya Anda akan menulis untuk manusia. Jadi, keterbacaan artikel juga perlu diperhatikan.

Kata Kunci Tidak Mempunyai peringkat

Tidak semua GKR mempunyai peringkat yang baik di mata Google meskipun ditemukan dari hasil riset menggunakan berbagai tool. Hal tersebut dikarenakan ada banyak faktor lain yang turut mempengaruhi ranking tersebut.

Itulah sebabnya Anda memang harus melakukan riset dan mengetes terus-menerus agar terhindar dari kasus ini. Google sangat pintar dalam memahami apa yang dibutuhkan oleh penggunanya. Jadi, perhatikan hal tersebut sebelum menggunakan GKR.

Berbagai Manfaat GKR

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan Golden Keyword Ratio. Pertama, GKR akan membantu Anda membebaskan website dari Google Sandbox. Selain itu, GKR juga sangat baik untuk meranking artikel dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan GKR merupakan salah satu cara optimasi SEO terbaru sehingga wajib untuk dipelajari. Manfaat berikutnya adalah memperkuat authority sebuah website untuk beberapa keyword.

Ketika website Anda sudah memiliki authority yang bagus, maka kemungkinan besar persaingan kata kunci tersebut dapat dimenangkan dengan mudah. Kondisi ini secara otomatis juga akan membuat Anda lebih mudah memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Selain itu, GKR juga berguna untuk memperoleh traffic atau pengunjung website dalam jumlah banyak dengan waktu yang cepat. Terakhir, GKR bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan konversi penjualan yang menggunakan website.

Hal ini sangat cocok terutama jika Anda sedang menjalankan bisnis online atau ingin mendapatkan penghasilan melalui affiliate marketing. Dengan traffic tepat sasaran yang tinggi, maka persentase konversi akan jauh lebih besar.

Cara Melakukan Riset untuk Pemula

Untuk mendapatkan golden keyword, Anda perlu mengetahui formula dasarnya terlebih dahulu. Pada dasarnya, nilai golden rasio setidaknya harus di bawah 0,25. Lalu, bagaimana cara untuk menghitungnya?

Rasio ini didapatkan dari perhitungan jumlah pencarian di Google dengan frase kata kunci pada judul, lalu dibagi volume pencarian bulanan dan memiliki LMS di bawah 250. Dengan penghitungan tersebut, Anda akan mendapatkan rasio yang dicari.

GKR yang baik mempunyai tiga ciri. Pertama, apabila nilai rasio kurang dari 0,25, seharusnya Anda akan mendapatkan peringkat 100 besar apabila sudah diindeks oleh Google.

Kemudian, apabila rasio berada di angka 0,25 hingga 1, maka Anda bisa mendapatkan peringkat 250 teratas dalam waktu yang relatif cepat. Sementara itu, ketika hasilnya menunjukkan angka di atas 1, tingkat kompetisinya sudah terlalu besar walaupun memiliki volume pencarian rendah.

Jadi, dengan perhitungan tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran apakah artikel atau halaman website bisa masuk persaingan 100 besar atau di atasnya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berpegang teguh pada rumus di atas.

Studi Kasus Dalam Melakukan Riset GKR Menggunakan Bantuan KWFinder

Menyaring Kata Kunci dengan Pencarian di Atas 250

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menemukan golden keyword adalah melakukan filter keyword. Ingat, pastikan untuk mencari kata kunci dengan hasil penelusuran di bawah 250. Oleh karena itu, silakan gunakan bantuan tool untuk menyaring keyword dengan pencarian 250 ke atas.

Setelah itu, Anda bisa menambahkan penyaringan yang lebih spesifik seperti KD maksimal dan sebagainya. Sebagai contoh, Anda menemukan keyword “handphone android terbaik untuk pengusaha” dengan KD di angka 30.

Angka tersebut sudah memenuhi kriteria yakni di bawah 250. Kemudian, Anda bisa mengarahkan kursor untuk menyalin frase keyword tersebut.

Menemukan Situs Web dengan Judul Tertentu

Setelah mendapatkan hasil riset dengan cara sebelumnya, Anda perlu memeriksa kata kunci menggunakan metode allintitle di pencarian Google. Caranya cukup mudah. Silakan buka pencarian dan ketikkan “allintitle” diikuti kata kunci tanpa spasi dan tanda kutip.

Tunggu beberapa saat sampai muncul hasil pencarian dan perhatikan ada berapa hasil dari pencarian tersebut. Sebagai contoh, hasil menunjukkan angka 20, maka Anda bisa segera memasukkan ke dalam rumus.

Rumus penghitungan GKR adalah hasil allintitle dibagi volume pencarian. Dari angka yang sudah didapatkan, artinya rasio tersebut adalah 20/30 atau 0,67. Silakan lakukan penghitungan ini pada kata kunci lainnya sampai menemukan rasio yang tepat, yakni 0,25.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa GKR cukup penting untuk perkembangan sebuah blog atau website, terutama dalam mendapatkan traffic. Untuk menemukannya pun juga harus melalui riset yang panjang. Oleh karena itu, para blogger wajib sekali untuk belajar sesegera mungkin.

Demikian penjelasan lengkap mengenai golden keyword ratio. Silakan pahami seluruh pembahasan di atas dan praktikkan agar segera mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila merasa kesulitan, Anda bisa mencari referensi lain baik dari artikel maupun video.

Post a Comment

أحدث أقدم